Selain telepon dan SMS, smartphone kini memiliki banyak aplikasi chatting yang membantu proses komunikasi. Misalnya WhatsApp, Line, dan Blackberry Messenger (BBM) yang sudah banyak digunakan untuk chatting.

Namun menurut diskop selain ketiga aplikasi tersebut, ada aplikasi chatting bernama Telegram yang memiliki karakteristik hampir mirip dengan WhatsApp. Hampir sama, namun tidak banyak orang yang tahu bahwa aplikasi Telegram ini memiliki banyak kelebihan dibanding aplikasi chatting lainnya. Tidak ada apa-apa? Berikut adalah 7 keunggulan Telegram dibanding aplikasi chatting lainnya.

1. Gratis selamanya tanpa iklan

Tidak seperti Telegram dimana aplikasi x8 speeder menawarkan versi gratis dan berbayar untuk versi yang lebih lengkap, hanya menawarkan versi gratis dan tetap gratis. Sejauh ini, tidak ada iklan atau biaya lain untuk menggunakan Telegram selamanya. Telegram juga mengatakan bahwa aplikasi ini selalu bebas iklan, sehingga akan berjalan lebih ringan dan lebih cepat daripada aplikasi obrolan lainnya. Tentunya dengan Telegram lebih hemat menggunakan kuota data internet anda.

2. Mengirim pesan lebih cepat dan lebih mudah dioperasikan.

Karena Telegram berbasis cloud, pengiriman pesan melalui Telegram lebih cepat dibandingkan aplikasi chat lainnya, WhatsApp. Dengan opsi manajemen cloud dan cache yang tersedia, Telegram dapat menggunakan hampir nol ruang di ponsel cerdas Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir Telegram memakan terlalu banyak ruang penyimpanan di smartphone Anda. Ukuran aplikasi yang kecil membuat penggunaan Telegram lebih mudah dan lebih ringan. Dibandingkan dengan aplikasi obrolan lainnya, Telegram memiliki ukuran aplikasi MB yang lebih kecil.

3. Komunikasi terenkripsi penuh antara para pihak

Dengan enkripsi end-to-end, obrolan Telegram sangat aman karena hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima, dan tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga. Jadi apa keuntungan dari obrolan terenkripsi ini? Tentunya yang paling pasti adalah hasil chat anda sangat aman dari hacker yang mencoba mencuri chat anda.

4. Transfer file tanpa batas ukuran

Apakah Anda sering kesal ketika mencoba mengirim file menggunakan aplikasi lain dan mendapatkan notifikasi bahwa ukuran file yang Anda coba kirim melebihi batas? Hal seperti ini tidak akan terjadi di Telegram. Itu karena Telegram menawarkan kemampuan untuk berbagi file seperti foto, video, pdf, doc, excel, zip, mp3, dll hingga 1,5 GB per file. Apakah terlalu besar? Jauh lebih besar dari WhatsApp yang hanya menawarkan ukuran maksimal 16 MB.

5. Tersedia fitur saluran dan bot

Fitur saluran memungkinkan semua anggota saluran untuk mengirim pesan satu arah atau biasa dikenal dengan broadcast. Kapasitas saluran Telegram juga besar. Oleh karena itu, para pedagang toko online sering menggunakan fitur ini untuk menjual dan memposting produknya.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur bot. Kemampuan bot adalah akun yang dikelola oleh aplikasi non-manusia. Bot-bot ini dilengkapi dengan kemampuan AL (Artificial Intelligence), sehingga bisa bermain game, menyiarkan, dan melakukan apa saja.

6. Akses simultan dari perangkat yang berbeda.

Telegram juga dapat diakses dari PC dan laptop. Telegram adalah aplikasi chatting berbasis cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan aplikasi Telegram di komputer atau laptopnya tanpa perlu mengaktifkan smartphone, sehingga dapat menghemat baterai. Berbeda dengan WhatsApp yang mengharuskan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda tetap aktif saat dijalankan di komputer atau laptop Anda.

7. Grup dapat dibuat hingga 30.000 orang

Banyak dari Anda mungkin tidak tahu bahwa jika Anda membuat grup di Telegram, Anda dapat membuat grup hingga 30.000 anggota. luar biasa! Di mana sebelumnya Telegram dibatasi untuk 10.000 – 20.000 anggota, pada pembaruan terbaru grup obrolan yang dapat Anda buat hanya supergrup dengan 30.000 anggota. Pembaruan ini dilakukan di sisi sistem backend. Artinya, pengguna tidak perlu mengupdate aplikasi Telegram di smartphone mereka karena hasil update akan muncul secara otomatis.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menggunakan Telegram, 7 keunggulan aplikasi Telegram dibandingkan aplikasi chatting lainnya?

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *